Partai idaman

partai idamanMemilih partai tidaklah sesederhana memilih baju atau sepatu. Keputusan yang kita ambil dalam menentukan parpol memiliki konsekuensi yang berkaitan dengan kehidupan dunia maupun di akherat. Bahkan masa depan dan negara Indonesia bergantung pada kualitas parpol yang ada. Oleh karena itu sebelum memilih parpol hendaknya masyarakat secara jeli menimbang  dan  mempelajari berbagai hal tentang partai tersebut untuk kemudian membandingkan dengan parpol lain.

8 (delapan) cara berikut semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam memilih partai politik pada pemilu yang akan datang.

1. Pelajari dengan seksama platform ( jati diri ) parpol tersebut.

Platform ( jati diri ) parpol antara lain tercermin dalam visi, misi, tujuan, dan asasnya. Visi merupakan pernyataan global dari cita-cita akhir sebuah parpol yang akan diperjelas dalam misi kepartaiannya. Asas merupakan landasan sebuah parpol. Anda harus memastikan bahwa parpol tersebut memiliki asas yang kokoh serta sesuai dengan pandangan hidup kita. Sedangkan tujuan parpol mencerminkan sebuah arahan hendak kemana bangsa dan negara Indonesia akan dibawa.

Visi, misi dan tujuan merupakan identitas mendasar bagi sebuah parpol, oleh karena itu ia harus diketahui, dipahami dan disetujui terlebih dahulu sebelum memasuki suatu parpol.

2. Perhatikan program–program yang ditawarkan parpol tersebut.

Program parpol merupakan suatu jabaran praktis dari upaya pencapaian tujuan yang lebih ditetapkan, sesuai visi dan misinya. Berhati-hatilah dengan partai yang tidak jelas programnya, pilihlah partai yang jelas progamnya.

Program parpol tidak sekedar janji dan slogan –slogan. Masyarakat tidak boleh tertipu lagi oleh kepandaian jurkam parpol dalam memberikan iming-iming janji, sebagaimana terjadi pada masa orde baru.

Masyarakat harus memilih parpol yang programnya benar-benar memihak kepada kepentingan umum.

3.   Pelajari kebersihan & moralitas para pengurus parpol tersebut.

Pengurus parpol haruslah orang-orang yang mampu memberikan keteladanan bagi masyarakat dalam arti yang luas. Keteladanan diri dan kelurga menjadi tanggung jawab para pengurus parpol, agar menjadi contoh yang nyata dalam kehidupan masyarakat. Di antara krisis yang sekarang tengah terjadi adalah krisis keteladanan, banyak tokoh yang tak mampu menjadi panutan dalam masyarakat. Apa yang diucapkan tidak sesuai dengan realitas kesehariannya, dampak dari krisis keteladanan ini adalah munculnya krisis kepercayaan.

Masyarakat harus memiliki pengetahuan tentang kondisi sesungguhnya pribadi dan keluarga para pimpinan parpol yang akan dipilih, agar tidak tertipu oleh kharisma yang dibuat oleh berita masa.

4.   Perhatikan kemampuan pengendalian massa parpol tersebut.

Ketidakteraturan masa parpol berkaitan erat dengan ketidakmampuan parpol tersebut dalam mengendalikan massanya sendiri. Di sisi lain, hal itu menandakan lemahnya kepatuhan massa partai terhadap mekanisme organisasi. Keberingasan yang ditampakkan sebagian massa parpol saat konvoi selama ini telah menimbulkan dampak ketakutan dan kegelisahan terhadap masyarakat. Bagaimana mereka akan memperjuangkan demokrasi sementara mereka tidak mampu menghargai hak-hak orang lain? Bagaimana mereka akan menjanjikan perbaikan, sementara mereka menampakkan kebrutalan di jalan?

Pilihlah partai yg mampu mengendalikan masanya dengan baik.

5.   Pelajari dengan seksama soliditas struktural parpol tersebut

Pilihlah parpol yang solid strukturnya, sehingga mampu secara efektif mengendalikan seluruh jaringan dibawahnya. Jika parpol hanya tergantung ketokohan seseorang, perlu anda ingat bahwa tokoh tersebut hanyalah manusia biasa, ia bisa khilaf, bahkan meninggal dunia. Hindari kultus terhadap tokoh sekaliber apapun tokoh tersebut.

Pastikan parpol yang akan dipilih bebas dari kultus individu dan memiliki soliditas struktur yang matap. Ketaatan kepada pimpinan parpol yang merupakan bagian dari mekanisme organisasi, tidak boleh mengarah kepada kultus.

6. Pelajari track record ( riwayat hidup )  berupa pengalaman, perilaku sosial dan bermasyarakat dari para anggota dewan maupun calon anggota dewan dari partai tersebut.

Mempelajari riwayat hidup mereka penting sebagai salah satu bahan pertimbangan dan mengambil sikap secara benar agar tidak menyesal kemudian setelah menjatuhkan pilihan. Ambillah pelajaran agar kita tidak sebagaimana keledai yang terperosok ke dalam lubang yang sama untuk kedua kali.

7. Panjatkan doa

Sebagai insan yang beragama, panjatkan doa, mohonlah bimbingan  Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk  dalam memilih parpol. Memilih parpol berarti sekaligus memilih dan mempersiapkan pemimpin-pemimpin terbaik dan ideal bagi bangsa Indonesia. Jangan memilih dengan membabi buta, apalagi hanya didorong oleh janji pemberian uang ( Money politic ).  Kalaupun anda memilih parpol, hendaknya dengan kepahaman yang mendalam. Kalaupun anda menolak sebuah partai, hendaknya juga dengan sebuah kepahaman yang mendalam bukan karena apriori dan provokasi orang lain.

8.  Mantapkan pilihan Anda

Setelah mempelajari, berdoa, mintalah fatwa kepada hati nurani dan mantapkanlah pilihan anda kepada parpol terbaik bagi urusan diri dan umat, untuk kepentingan hidup di dunia dan di akherat. Parpol apapun yang anda pilih kemudian tidak boleh mengakibatkan rusaknya Ukhuwah dan ketegangan hubungan dengan pemilih parpol lain. Keutuhan persatuan dan kesatuan harus tetap diutamakan sekalipun berada dalam partai yang beragam.

Selamat memilih partai…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s