PKS dan Penegakan Syariat Islam

KETUA MAJELIS SYURO PKS, KH HILMI AMINUDDIN:

Kami Ingin Membangun Kebersamaan dalam Keberagaman

 

Al Quran

Munas ke-2 PKS berakhir minggu (20/6) di Jakarta.  Dalam Munas yang diselenggarakan sejak 17-20 Juni 2010 itu, selain mengukuhkan kepengurusan PKS periode 2010-2015,  juga dijadikan sarana untuk konsolidasi pimpinan PKS dari seluruh penjuru nusantara. Beragam hal ditanyakan publik juga kader PKS terkait dengan sikap politik PKS belakangan ini, mulai dari soal keinginan PKS menjadi partai terbuka sampai soal koalisi permanen. Berikut petikan wawancara dengan Ketua Majelis Syuro PKS, KH Hilmi Aminuddin.

Bagaimana dengan penegakan syariat Islam ?

Pertanyaan ini sering ditanyakan , bahkan ditakutkan sebagian komponen bangsa,  jika PKS menang syariat Islam akan diberlakukan. Terhadap pertanyaan itu kami menjawab bahwa tidak mungkin bagi kami untuk meninggalkan syariat Islam. Semua pemeluk Islam pasti melaksanakan syariat Islam. Yang harus di pahami, ada syariat yang bisa di lakukan oleh individu dan ada yang harus di lakukan oleh negara, artinya harus ada undang – undangnya. Sholat ada syariatnya, puasa ada syariatnya, zakat ada syariatnya, setiap ibadah ada syariatnya. Ini syariat yang di lakukan oleh individu. Hanya ada sebagian kecil syariat, sekitar dua persen, yang di takuti masyarakat, seperti hukum hudud, rajam, juga qishos ini harus negara yang melakuknnya. Individu atau kelompok tidak bisa melakukannya. PKS tidak bisa melakukannya, karena tidak ada undang – undangnya. Dan undang – undang adalah soal kesepakatan publik. Kalau publik tidak sepakat, ya tidak bisa di laksanakan.

Banyak pihak yang setelah mendengarkan penjelasan ini, jadi paham. Bahkan mereka yang semula merasa tidak serumah dengan PKS, sekarang banyak yang merasa serumah. Bahkan merasa sekamar.

Sumber : Koran Republika, Senin 21 Juni 2010.

Baca juga :

Dan baca juga jawaban pertanyaan atas issu-issu PKS tentang sikapnya terhadap Amerika Serikat, Israel, Kemerdekaan Palestina, Pemberantasan Korupsi dll dengan DOWNLOAD : PKS UNTUK SEMUA.

2 responses to “PKS dan Penegakan Syariat Islam

  1. Ping-balik: PKS Partai Terbuka « ProKeadilan

  2. Ping-balik: PKS dan Kader Non Muslim « ProKeadilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s